Nabi Kidir dan Penguasa Tirani

Assallamu'allaikum.Wr.Wb. Met siang aja buat para sahabatku diraja singa.seperti biasanya aku mencoba sedikit menguraikan kembali...


Assallamu'allaikum.Wr.Wb.
Met siang aja buat para sahabatku diraja singa.seperti biasanya aku mencoba sedikit menguraikan kembali kisah atau sejarah islam yang pernah masyhur dizamanya,semoga ada manfaat dan pelajaran untuk kita petik bersama, InssaAllah..."

Langsung saja Cerita ini begitu terkenal dikalangan sufi,Namanya adalah Bakhtiar Baba,ia adalah seorang Sufi bijaksana yang hidupnya sangat sederhana dan tak dikenal orang di Korasan,sampai peristiwa yang ada dalam kisah ini terjadi.

Pada suatu malam seorang penguasa tiran Turkestan sedang mendengarkan kisah-kisah yang disampaikan oleh seorang darwis,ketika sang raja tiba-tiba bertanya tentang Kidir.

"Kidir,"?” kata darwis itu,"datang kalau diperlukan.Tangkaplah Kidir,ambil jubahnya jika ia muncul, dan segala pengetahuan akan menjadi milik Paduka,"

Raja :"Apakah itu bisa terjadi atas siapapun?"

"Siapa pun bisa," kata darwis itu.

Karena sifat tamak dan keinginannya tuk mendapat jubah Kidir sang raja pun langsung membuat pengumuman dihadapan para mentri dan rakyatnya.

"Siapa yang bisa menghadirkan Kidir Yang Gaib di hadapanku,
akan kujadikan orang kaya."

Maka tak lama kemudian pengumuman itupun sampai pada seseorang lelaki miskin dan tua, laki laki tua itu bernama Bakhtiar Baba,setelah mendengar pengumuman itu, iapun menyusun akal. Dan berkata kepada istrinya: "Aku punya rencana. Kita akan segera kaya,tetapi beberapa lama kemudian aku harus mati. Namun,itu tak apalah,sebab kekayaan kita akan bisa menghidupimu seterusnya."

Kemudian Bakhtiar menghadap raja dan mengatakan bahwa ia akan mencari Kidir dalam waktu empat puluh hari, kalau Raja bersedia memberinya seribu keping uang emas. "Kalau kau bias menemukan Kidir," kata Raja, "kau akan mendapat sepuluh kali seribu keping uang emas ini.Kalau gagal,kau akan mati,dipancung ditempat ini sebagai peringatan kepada siapapun yang akan mencoba mempermainkan rajanya."

Bakhtiar menerima syarat itu. Ia pun pulang dan memberikan uang itu kepada istrinya, sebagai jaminan hari tuanya. Sisa hidupnya yang tinggal empat puluh hari itu dipergunakannya untuk merenung, mempersiapkan diri memasuki kehidupan lain.

Pada hari keempat puluh ia menghadap raja. "Yang Mulia," katanya, kerakusanmu telah menyebabkanmu berpikir bahwa uang akan bisa endatangkan Kidir. Tetapi Kidir,kata orang,tidak akan muncul oleh panggilan yang berdasarkan kerakusan."

Sang Raja sangat marah."Orang celaka,kalau telah mengorbankan nyawamu; siapa pula kau ini berani mencampuri keinginan seorang raja?"

Bakhtiar berkata, "Menurut dongeng, semua orang bisa bertemu Kidir,tetapi pertemuan itu hanya akan ada manfaatnya apabila maksud orang itu benar. Mereka bilang,Kidir akan menemui orang selama ia bisa memanfaatkan saat kunjungan itu.Itulah hal yang kita tidak menguasainya."

"Cukup ocehanmu itu,"kata Sang Raja,"sebab tak akan memperpanjang hidupmu. Hanya tinggal meminta para menteri yang berkumpul di sini agar memberikan nasehatnya tentang cara yang terbaik untuk menghukummu."

Ia menoleh ke Menteri Pertama dan berkata, "Bagaimana cara
orang itu mati?"

Menteri Pertama menjawab, "Panggang dia hidup-hidup, sebagai
peringatan."

Menteri Kedua, yang berbicara sesuai urutannya berkata,
"Potong-potong tubuhnya, pisah-pisahkan anggota badannya."

Menteri Ketiga berkata, "Sediakan kebutuhan hidup orang itu, agar ia tidak lagi mau menipu demi kelangsungan hidup keluarganya."

Sementara pembicaraan itu berlangsung,seorang bijaksana yang sudah sangat tua memasuki ruang pertemuan. Dan berkata “Segera orang mengajukan pendapat sesuai dengan prasangka yang tersembunyi dalam dirinya."

"Apa maksudmu?" tanya Raja.

Kidirpun menjelaskan maksud perkataanya:"Maksudku,Menteri Pertama itu aslinya tukang roti,jadi ia berbicara tentang panggang-memanggang.Menteri Kedua dulu tukang daging,jadi ia bicara tentang potong-memotong daging. Menteri Ketiga,yang telah mempelajari ilmu kenegaraan, melihat sumber masalah yang kita bicarakan ini.

Catat dua hal ini. Pertama,Kidir muncul melayani setiap orang sesuai dengan kemampuan orang itu untuk memanfaatkan kedatangannya.Kedua,”Bakhtiar, orang ini yang kuberi nama Baba karena pengorbanannya-telah didesak oleh keputus-asaan untuk melakukan tindakan tersebut. Keperluannya semakin mendesak sehingga akupun muncul didepanmu."

Ketika orang-orang itu memperhatikannya,orang tua yang bijaksana itupun lenyap begitu saja dan semua orang yang berada disitu termasuk raja terperangah dan merasa tak percaya kalau Kidir muncul dihadapan mereka. Maka Sesuai dengan yang diperintahkan Kidir.Raja memberikan belanja teratur kepada Bakhtiar.Menteri Pertama dan kedua dipecat,dan seribu keping uang emas itu dikembalikan ke kas kerajaan oleh
Bakhtiar dan istrinya.

Cerita ini terdapat dalam kitab karangan Jalaludin Rumi.

Wallahu’allam,,”

Wassallam,,,”

COMMENTS

Name

Al-Quran dan Sains,5,Cerita Islami,21,Hikmah,4,Hikmah & Renungan,8,Hikmah dan Renungan,6,Info Terkini,15,Kisah Nabi dan Rosul,8,Kisah Sufi,10,Peradaban Islam,1,Popular Post,12,Renungan,2,Slider,13,
ltr
item
ISLAM INFO MEDIA: Nabi Kidir dan Penguasa Tirani
Nabi Kidir dan Penguasa Tirani
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgLCpLPSabjXkanw6enypVgVMKdEHRtt5rkxPfaXGGlYRi5uywyZD91vymOfWQ91hlB6rd-nSf2Qvq2kyDydLCIvFgPDwCHpt-p_wGujhXPvKYkCzmCnRZhAYSOnAuWxzNZnIZqBUpo2K4/s640/528437_405359402827012_2082687318_n.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgLCpLPSabjXkanw6enypVgVMKdEHRtt5rkxPfaXGGlYRi5uywyZD91vymOfWQ91hlB6rd-nSf2Qvq2kyDydLCIvFgPDwCHpt-p_wGujhXPvKYkCzmCnRZhAYSOnAuWxzNZnIZqBUpo2K4/s72-c/528437_405359402827012_2082687318_n.jpg
ISLAM INFO MEDIA
http://islaminfomedia.blogspot.com/2017/11/nabi-kidir-dan-penguasa-tirani.html
http://islaminfomedia.blogspot.com/
http://islaminfomedia.blogspot.com/
http://islaminfomedia.blogspot.com/2017/11/nabi-kidir-dan-penguasa-tirani.html
true
8773956923434247046
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy